Wisata Manggrove

Kawasan hutan Mangrove Center Kariangau luasnya 150 hektare, meliputi bagian utara Teluk Balikpapan yang memanjang dari barat ke timur. Semakin ke utara, kawasan rawa menghilang dan ada tanah keras. Hutan Mangrove Center berada disalah satu tepian Sungai Somber, saat ini menjadi ikon wisata bagi Kota Balikpapan. Tidak kurang dari 400 ekor bekantan (Nasalis larvatus, atau proboscis monkey, kera berhidung mancung dan berbulu oranye). berada di kawasan hutan mangrove tersebut.

Perjalanan menuju kawasan utama hutan mangrove.

Di Hutan Mangrove Center Kariangau kita bisa  berkeliling menyusuri kawasan mangrove selama 1 jam bolak-balik dan tentunya ditemani oleh tur guide. Lebatnya hutan mangrove dengan ratusan bekantan yang meloncat-loncat akan melengkapi eksotisme pemandangan alami hutan mangrove. Bekantan akan semakin banyak terlihat diwaktu sore menjelang matahari terbenam.  Kawasan Mangrove center ini sering manjadi objek kunjungan wisatawan dan penelitian baik nasional maupun internasional.

Nasalis larvatus, atau proboscis monkey, kera berhidung mancung dan berbulu oranye yang berada dikawasan Mangrove Center Balikpapan

Mangrove Center adalah ikon penting bagi kegiatan pelestarian alam di Balikpapan. Karena pada tanggal 2 Agustus 2017,  pegiat Mangrove Center Balikpapan Pak Agus Bei mendapat perhargaan Kalpataru dari Presiden Joko Widodo berkat dedikasinya dalam melestarikan kawasan yang masih asri tersebut. Peserta seminar nasional SNITT Poltekba 2017 yang terdaftar, akan diberi fasilitas suttle bus untuk menikmati wisata alam Mangrove Center Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *